Perbedaan pembelajaran-pengajaran dan pelatihan
·         Pembelajaran :
Membelajarkan siswa,dan siswi menjadi peran utama dalam perolehan hasil belajar.
·         Pengajaran :
Guru berperan menyampaikan/ menyajikan bahan ajar.
Batasan Pendidikan
Menurut tokoh :
·         Langeveld : dimulai sejak anak memahami kewibawaan sampai bertanggung jawab
·         J.J. Roysseau : dimulai sejak lahir hingga usia 20 tahun (dewasa)
·         K.H. Hajar Dewantara : dimulai sejak lahir sampai tercapainya kedewasaan
·         Jhon Dewey : memandang pendidikan sebagai proses pendidikan potensi manusia.
·         Bangsa Indonesia : sepanjang hayat / seumur hidup agar manusia senantiasa dapat menyesuaikan dengan perubahan-perubahan zaman.

Menurut fungsi :
1.      Sebagai proses transformasi budaya
2.      Sebagai proses pembentukan pribadi
3.      Sebagai proses penyiapan warga Negara
4.      Sebagai penyiapan tenaga kerja.

v  System yaitu dimana suatu keseluruhan yang kompleks atau terorgansisir dalam suatu himpunan.
v  Aliran konvesional / klasik pada dalam pendidikan
1.      Nativisme à Schopenhouer, Nativus adalah pembawaan, sesuatu yang dibawa pada wajtu lahir. Menurut nativisme, bahwa seorang itu berkembang tergantung pada pembawaan ( tidak menyetujui adanya sekolah)
2.      Empirisme à Jhon Locke, bahwa perkembangan seorng anak ditentukan oleh pengalamannya, anak yang baru lahir atau masih suci.
3.      Konvergensi à William Stren, pembawaan dan pengalaman / lingkungan.

Aliran baru dalam pendidikan, merupakan suatu aliran yang berhubungan dengan situasi alam sekitar.
1.      Pengajaran alam sekitar.
2.      Pengajaran pusat perhatian.
3.      Sekolah perhatian.
4.      Pengajaran proyek.
5.      Taman siswa.
6.      INS kayu tanam (Sumatra selatan).
7.      Pesantren dan Muhammadiyah.

date Kamis, 22 Desember 2011

0 komentar to “Situasi dan kondisi Sekolah dasar”

Leave a Reply: